03
Sep
08

Manfaat Teh bagi Kesehatan

Teh yang biasa diminum sehari-hari ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Terutama untuk kesehatan tubuh. Itulah yang disampaikan Ratna Somantri, Konsultan Tea Gallary & Tea Bar saat berkunjung ke Surabaya beberapa waktu yang lalu. “Banyak sekali kelebihan dan manfaat dari teh,” katanya.

Menurut Ratna, teh pada umumnya mengandung anti oksidan, bisa untuk anti kanker dan awet muda. Tak hanya itu. Teh juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan memecah kadar gula, sehingga bisa untuk mengobati diabetes.

Teh dibagi dalam dua golongan besar: teh dari daun teh dan teh bukan dari daun teh. “Teh dari daun ini yang anti oksidannya lebih banyak,” lanjut Ratna. Untuk jenis white tea, kadar oksidannya paling tinggi. “Jika kadar oksidannya paling tinggi, maka otomatis antioksidannya paling tinggi,” ujar Ratna.

Anti oksidan itu paling bagus untuk anti radikal bebas yang bisa mencegah penyakit kanker. Teh putih ini bentuknya seperti jarum. Karena banyak manfaatnya, “Teh menjadi minuman kedua yang lagi ngetrend di dunia,” ungkap Ratna. Di dunia ini ada lebih dari 3.000 jenis teh.

Untuk jenis teh bukan dari daun seperti teh gingseng dan rosella. Rosella ditemukan di hampir seluruh daerah tropis di dunia. Teh bunga rosella ini merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat sebagai bahan makanan, minuman, obat-obatan, dan industri farmasi lainnya.

Di gallery-nya, Ratna memiliki 100-an jenis teh dari berbagai negara seperti Afrika, Jepang, China, dan Indonesia yang siap disajikan bagi penggemar teh yang datang ke café-nya di Jakarta. Sudah 3 tahun ini teh jenis Seinca dari Jepang, ditanam di Malino, Sulawesi.

Saat mengisi sebuah acara di Surabaya itu, Ratna sempat mengenalkan pure tea China berusia 30 tahun. “Pure tea kini sedang booming,” katanya. Pure tea sebenarnya daun teh yang disimpan agak lama, sehingga timbul fermentasi. Ini untuk menghilangkan pahitnya yang berlangsung puluhan tahun.

Hasilnya, kadar gulanya menjadi rendah, aromanya jadi enak dan harum. Jadi, ketika minum yang 30 tahun ini sudah tak ada rasa pahitnya. “Makin tua makin enak,” ungkap Ratna. Ini sebenarnya proses natural untuk menghilangkan kadar asamnya. “Kalau black tea itu prosesnya dipaksakan,” lanjutnya. (Moch. Toha/ Forum Keadilan)


0 Responses to “Manfaat Teh bagi Kesehatan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


PENGUNJUNG KE-

  • 204,584 hits

Arsip

September 2008
S S R K J S M
« Agu   Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 10 pengikut lainnya


%d blogger menyukai ini: